Thursday, July 24, 2014

Ramadhan Alert!

Sebenernya udah lama pengen banget nulis sesuatu yang berhubungan dengan ramadhan. Tapi apa daya, di ujung-ujung ramadhan ini baru sempet dilakuin hehe.
Alhamdulillah kota semua masih ketemu dengan ramadhan tahun ini dengan sehat. Ramadhan tahun ini seperti biasa diisi dengan kegiatan merantau, alias gak di rumah selama kira-kira setengah bulan. Alasannya? Demi menerima kalian, para mahasiswa baru :')
Hahha pencitraan. Memang pelatihan untuk menjadi panitia penerimaan mahasiswa baru selalu bertepatan dengan bulan ramadhan. Tapi, pilihan kita apakah ingin ikut serta apa ga. Karena di kampus gue pada saat tahun ketiga udah gak boleh ikutan lagi, maka jadilah gue ikut lagi buat tahun ini, itung-itung terakhir. 

UAS di kampus gue sengaja diselesain sebelum masuk puasa, jadinya pas puasa udah bener-bener gak ada kuliah, cuma ada SAT atau semester alih tahun, untuk memperbaiki nilai atau mengambil mata kuliah yang belum memadai. Gue memutuskan untuk gak ngambil tahun ini, tapi tetep ikut kepanitiaan. Jadi ya mau ga mau harus tetep merantau. Sedih ya. Tapi ya udah pilihan gue, jadi dijalani saja dengan senang hati :D

Menjalani kehidupan ramadhan di perantauan juga gak sedih-sedih banget kok. Kita malah bisa bukber tiap hari, apalagi di daerah kampus gue ada yang namanya "gerbang lama", nah kalo pas buka puasa, disitu bakal dipenuhi sama pedagang-pedagang dan pula para pembeli yang menunggu waktu berbuka. Rame juga kan. Ribetnya cuma pas sahur kok. Kalo males keluar subuh-subuh berarti harus beli makanan dari malem, dan dijaga biar gak basi hehe.

Uniknya lagi, alhamdulillah tahun ini di kampus gue sudah dibangun masjid raya yang lebih baik dari sebelumnya. Tahun lalu, gue lebih banyak melakukan shalat tarawih di kosan. Selain sering pulang malem karena tuntutan pekerjaan, masjid yang lama itu menurut gue kurang nyaman. Nah sekarang udah nyaman, mending ke masjid sekalian hehe. Tapi, shalat di masijd yang sudah terbiasa dengan kita di rumah, jauh banget bedanya dengan shalat di rumah.
Pertama dari jumlah rakaat. Tiap imam pasti berbeda, namun di rumah gue terbiasa dengan 2 rakaat 2 rakaat. Pas disana, harus membiasakan diri dengan 4 rakaat 4 rakaat. Kadang masih suka lupa menyesuaikan niatnya. Apalagi pernah sekali 2 rakaat 2 rakaat, gak kayak biasanya. Untungnya selanjutnya udah mulai terbiasa dan selalu 4 rakaat 4 rakaat.

Kedua suasananya. Karena masih di dalam kampus, rata-rata yang shlat disana hanya mahasiswa, hanya segelintir ibu-ibu, bapak-bapak, dan anak-anak. Keuntungannya? Gak berisik! Ini pengalaman yang baru aja gue rasain kemaren paa udah pulang ke rumah. Seperti biasa sesudah isya sebelum tarawih, selalu ada kultum. Dari saat itu, udah kedengeran suara anak-anak yang teriak-teriak dan main seakan lagi di taman bermain. Gue kira cuma pas kultum aja, tapi ternyata....mereka gak berhenti walaupun shalat tarawih udah dimulai. Ya Allah, cobaan banget. Suara imam aja sayup-sayup kedengerannya, padahal udah pake speaker. Dahsyatnya suara anak-anak itu cuma bisa dirasain sendiri hheh. Karenanya gue merasa beruntung pas disana itu gak ada anak-anak dan suasananya aman damai dan tentram.
Setelah ngalamun kejadian itu gue berpikir, kalo gue di posisi orang tuanya, pasti dilema juga. Disatu sisi pengen ngajarin anak untuk rajin shalat dan untuk gue sendiri juga jadi bisa berjamaah terus. Tapi di sisi lain, ya gitu. Malah jadi bikin shalatnya gak khusyu. Baru suara, belum kalo yang mondar/i di depan sajadah atau narik-narik mukena. Pernah gue ngeliat ibu-ibu yang shalat bawa anaknya 3 orang dan masih kecil-kecil, selama shalat beliau selalu digangguin anaknya. Mulai dari diajak ngomong, ditarik-tarik mukenanya, sampe kaki ibunya didudukin pas lagi sujud, sampe ga bisa bangun. Subhanallah, sabar banget ibu itu. Kalo gue, yah sudahlah. Hahaha.

Intinya, banyak banget cerita si bulan ramadhan tahun ini. Akhirnya ramadhan ini udah mau berakhir. Gak kerasa lho. Waktu awal-awal sih kerasa banget, apalagi minggu pertama. Tapi selanjutnya gak nyadar kalo lebaran sebentar lagi.
Gue mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila tulisan-tulisan gue selama ini mengganggu, bikin kesel, dongkol, banyak salahnya, dan semacam-semacamnya. Semoga di bulan yang suci ini kita bisa mendapatkan keberkahan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya, lebih berguna dan sebelumnya. Seperti biasa, jika ada yang gak berkenan bisa langsung dikomen di box di bawah, jangan jadi silent reader, ya! :3

No comments:

Post a Comment