Wednesday, November 26, 2014

寝られなかった

Saat ini waktu menunjukkan pukul 2.49 pagi, dan aku baru saja terbangun dari tidurku yang singkat. Entah mengapa akhir-akhir ini sering sekali tertidur saat jam 10-an, namun terbangun kembali jam 1-an. Padahal, banyak sekali yang bisa aku lakukan pada waktu-waktu saat aku tertidur tersebut. Seorang teman baru saja meng-update statusnya bahwa sangat sayang jika waktu dihabiskan hanya dengan tertidur, jika saja manusia tidak butuh istirahat. Dan aku pun berpikir, ya,mungkin akan berbeda cerita jika manusia tidak butuh tidur.
Aku sudah menginjak tingkat tiga dari masa kuliahku, dan semua hal terasa begitu rancu. Entah mengapa aku merasa aku hanya tertidur selama 2 tahun terakhir. Bukan di bidang akademik (saja?) namun pula bidang lainnya. 2 tahun terasahanya lewat saja bagiku. Kukira dahulu, saat aku masih berada di tingkat satu, akan banyak hal-hal yang akan telah kualami dan atau kucapai pada tahapini. Namun ternyata anganku melayang terlalu jauh. Nyatanya, masih sangat banyak hal-hal yang jauh dari pencapaian. Dan pada tingkatan ini pun justru tak lebih baik, karena semakin tinggi posisimu, semakin kencang angin yang menerpa.
Tidak, tidak hanya kerugian yang kudapat selama dua tahun terakhir. Banyak sekali hal-hal yang telah kau rasakan pertama kalinya. Bagaimana berbicara dengan orang baru,menyesuaikan diri, menemukan teman-teman yang baik, mengenal orang-orang yang sama sekali baru, mengadakan acara, melalui deadline, menonton konser-konser mahasiswa[!], dan tentunya belajar bahasa baru yang selalu aku geluti sehari-hari ini. Tak berat memang, hanya saja ekspektasi dari orang sekitar yang membuatnya makin seperti tumpukan sampah, menggunung. Oke, itu penggambaran yang agak aneh. Harapan-harapan orang sekitar lah yang membuatnya menjadi beban, yang seharusnya menjadi beban. Sungguh, aku tak menyesal bisa berada disini, namun kadang lebih baik berada di tempat yang jika orang berharap banyak, kau bisa melemparnya dengan bukumu yang berat.
Tahun ini harus menjadi lebih baik! umurku pun sudah tak belasan lagi, dan ya, tak ada sesuatu yang signifikan berubah dari diriku. Mungkin ada, namun terlalu buram bagiku untuk menyadarinya. Sekitar satu bulan lagi tahun akan berganti menjadi 2015, dan semoga, tahun itu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya!

No comments:

Post a Comment