Friday, March 15, 2013

Marching Band


Gue pertama kenal dia di SMA guys. Pas pertama liat waktu MOS, gue langsung jatuh cinta. Dan gue langsung ngomong sama diri gue, “lo harus ikut marching band.”
Ya, marching band. Gue jatuh cinta banget sama ekskul ini. Rame, pake kostum, main alat musik tentunya, tambah bikin gue penasaran. Dan akhirnya, “hingga” sekarang, jadilah gue pemain ini :))

bermacam alat di marching band


Setelah masuk ekskulnya, gue jadi tau apa-apa aja bagian dari marching band. Ada Field, Hornline, Percussion, dan Guard. Nih~

1. Field commander
    Kerjanya, memimpin semua anggota, dia yang menentukan lagu apa aja yang harus kita mainin selama pertunjukan, tentu dia juga harus hafal semua lagu, karena dia harus tau mana saat berhenti dan saat ganti lagu.

ini entah siapa, cuma mau ngasih tau biasanya field yang di kiri gambar dan yang bawa-bawa tongkat (tengah)

kadang kostumnya beda sendiri, kadang senada tapi beda model

2. Percussion (perkusi)
    Ini bagian pukul-memukul. Yang gue tau, disini terbagi atas snare drum, quartom, bass drum, sama pitt percussion. Nah di pitt percussion ini ada banyak lagi, dibagi tergantung ketebalan/kenyaringan suaranya. Gue kurang paham pembagiannya, karena bukan alat gue hehe

ALAT GUE :3

quartom. susah lho maininnya
entah siapa juga, cuma ngasih tau kalo bass biasanya ada 4 dengan beda ukuran & suara tentunya

cymbals

marching bells

boom bass. ngasih efek "boom" di akhir/awal lagu biasanya

forever alone bass drum :D

marimba

3. Horn (alat tiup)
    Ya namanya juga alat tiup, semua alatnya ditiup lah (?) Mulai dari trumpet sampe tuba, disini semua ada. Gue jujur sampe sekarang udah berapa taun di marching band, belum bisa niup barang "do" sekalipun. Haha :D

belum pernah ketemu yang sousaphone, gimana cara makenya ya..

euphonium, suka terganggu kalo main outdoor dan... hujan.

baritone

tuba

trumpet

4. Guard (penari)
    Nih bagian ini biasanya paling diminati sama cewek-cewek. Disini kalian dikasih bendera, dan kalian dikasih gerakan untuk mengiringi lagu. Semacam penari latar lah. Biasanya cewek-cewek pada tertarik apalagi guard biasanya kostumnya beda, dan make up-nya lebih dari pada pemain lain. Ya namanya juga yang tampil di depan ya..
kadang ada bendera yang sampe 6 meter

ngelempar-lempar sih udah biasa


Ini juga ada beberapa contoh video marching band, sok mangga diliat :)
Gita Bagasasi DMC 2009
Gita Bagasasi @ Waterboom Lippo Cikarang

Jadi, kalian mau megang alat apa? :D

No comments:

Post a Comment